Jenis racun ular Berbisa

Jenis racun ular

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa



Jenis racun ular : Ada kurang lebih 20 jenis enzim toksik yang terdapat pada racun ular di seluruh dunia yang dikenal manusia. Meskipun tidak ada ular berbisa yang memiliki semua racun ini, kebanyakan ular menggunakan antara enam hingga dua belas enzim ini dalam racunnya.

Masing-masing enzim ini memiliki fungsi khusus sendiri. Beberapa membantu dalam proses pencernaan, sementara yang lain mengkhususkan diri dalam melumpuhkan mangsa.


Jenis Racun Ular Kolinesterase (neurotoksin) 


racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Jenis Racun Ular Cholinesterase adalah salah satu dari banyak enzim penting yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem saraf manusia dan hewan lainnya.

Sinaps adalah pusat switching listrik dalam sistem saraf tubuh, di mana otot diarahkan oleh saraf untuk bergerak. Sinyal listrik, atau impuls saraf, dilakukan oleh asetilkolin melintasi persimpangan antara saraf dan otot (sinaps) membuat otot bergerak.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Biasanya, setelah otot bergerak, asetilkolinesterase dilepaskan yang memecah asetilkolin mengakhiri stimulasi otot.

Enzim kolinesterase menyelesaikan ini dengan memecah asetilkolin secara kimiawi menjadi senyawa lain dan mengeluarkannya dari sambungan saraf.

Jika kolinesterase tidak dapat memecah atau mengeluarkan asetilkolin, otot akan terus bergerak tak terkendali.

Impuls listrik dapat menyala terus menerus kecuali jumlah pesan yang dikirim melalui sinaps dibatasi oleh aksi kolinesterase.

Penembakan sinyal listrik yang berulang dan tidak terkendali dapat menyebabkan kedutan otot yang tidak terkendali dan cepat, pernapasan yang lumpuh, kejang-kejang, dan dalam kasus yang ekstrim, kematian.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Berbeda dengan molekul asetilkolin; namun, molekul bisa ular tidak akan segera bereaksi dengan gugus alkohol dari situs reseptor, dan karena itu, tidak akan memecah dan mengosongkan situs reseptor.

Sebaliknya ia akan berinteraksi secara permanen dengan sinapsis yang menyebabkan saluran-saluran situs reseptor tetap terbuka, menyebabkan terkurasnya impuls-impuls listrik. Ketika impuls terkuras, serat otot tidak menerima stimulasi yang cukup.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Karena respons otot adalah efek kolektif yang diciptakan oleh banyak serat otot, hanya sepertiga dari situs reseptor di diafragma yang perlu diblokir agar fungsi otot berhenti terjadi. Jika ini terjadi, korban biasanya meninggal dalam waktu 30 menit.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan nyawa korban gigitan ular dengan neurotoksin tingkat tinggi seperti ular kobra adalah dengan menyuntikkan antivenin yang sesuai segera setelah pasien digigit atau memasangnya pada respirator buatan.

jenis racun ular kobra

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Bisa ular kobra (cobratoxin) adalah protein dasar kecil (Mr = 7000). Ini mengandung 62 asam amino dalam satu rantai, dihubungkan silang oleh empat ikatan disulfida. Toksin terdiri dari 10% dari berat racun. Ini adalah racun saraf yang disekresikan oleh kelenjar ular kobra dan disuntikkan ke mangsanya melalui taring beralur yang tidak bergerak.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Jenis racun ular Berbisa Fosfolipase A2 (PLA2) (neurotoksin)


Jenis Racun Ular Phospholipase A2 (PLA2) seperti Cholinesterase adalah neurotoksin umum yang ada dalam bisa ular.

Berbagai neurotoksin telah ditemukan memiliki urutan asam amino yang serupa. Inhibitor berbagai protease racun penting untuk memahami peran biologisnya dan cara aktivitas enzimatiknya dapat diubah.

PLA2 mengganggu membran biologis dan dapat menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan lisis (pembelahan atau pemecahan sel). Tubuh mengeluarkan versi PLA2 sendiri (pankreas [I] atau non-pankreas [II]) yang memiliki fungsi yang sama sekali berbeda.

Bantuan PLA2 manusia dalam: enzim pencernaan, kontraksi sel, proliferasi sel, penghancuran patogen (Organisme penghasil penyakit) Venom PLA2 diklasifikasikan sebagai kelompok III dan memiliki struktur yang mirip dengan I & II hanya ketika terikat pada reseptor.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Berbagai efek fisiologis PLA2 ditentukan oleh jenis reseptor yang mengikatnya. Reseptor termasuk reseptor N (neurologis-III) dan reseptor M (hanya mengikat otot I & II). Ini dapat bertindak sebelum atau sesudah sinaptik pada sambungan neuromuskular dengan mengikat reseptor asetilkolin (reseptor N).

Pengikatan PLA2 ke reseptor asetilkolin menghalangi pengikatan asetilkolin, yang menyebabkan kelumpuhan flaccid (lemas). Pengikatan reseptor mempengaruhi dalam berbagai cara di otot yang berbeda.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan afinitas pengikatan pada jenis otot yang berbeda. Kegagalan pernapasan sering menyertai kelumpuhan karena ada kemungkinan afinitas tinggi untuk PLA2 pada reseptor pelat ujung diafragma saraf frenikus.

racun ular berbisa
Jenis racun ular Berbisa


Myotoksin adalah

Istilah 'mikotoksin' biasanya digunakan untuk produk kimia beracun yang dihasilkan oleh jamur yang siap menjajah tanaman. Contoh mikotoksin yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan termasuk aflatoksin, citrinin, fumonisin, ochratoxin A, patulin, trichothecenes, zearalenone, dan alkaloid ergot seperti ergotamine.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar Ikan Hiu Terlengkap Keren Banget

Black Mamba ular berbisa paling mematikan