Pertolongan pertama saat digigit ular kobra

Pertolongan pertama saat digigit ular kobra


digigit ular kobra
Pertolongan pertama saat digigit ular kobra




Pertolongan pertama saat digigit ular kobra : Ular biasanya menggigit untuk membela diri, daripada secara aktif menyerang manusia, dan di Queensland, orang digigit di sekitar rumah sama seperti di semak-semak atau daerah liar lainnya. Jika Anda pernah digigit ular, mengingat tips ini mungkin bisa menyelamatkan hidup Anda.

5 Pertolongan pertama saat digigit ular kobra

digigit ular kobra
Pertolongan pertama saat digigit ular kobra

1. Segera hubungi ambulans

Anda harus memperlakukan setiap gigitan ular sebagai keadaan darurat, terlepas dari apakah menurut Anda ular itu berbisa atau tidak. Banyak ular terlihat mirip, dan jika Anda menunggu untuk melihat apakah Anda merasakan gejala keracunan bisa, mungkin sudah terlambat saat Anda mendapatkan bantuan.

Apa yang harus dilakukan

Anda harus tetap diam mungkin, jadi daripada berlari mencari telepon, gunakan telepon seluler atau minta orang lain pergi dan meminta bantuan. Hubungi Triple Zero (000) dan minta ambulans, atau gunakan aplikasi Darurat+ untuk memanggil ambulans. Aplikasi ini menggunakan fungsi GPS pada ponsel untuk membantu layanan darurat mengetahui dengan tepat di mana Anda berada.

digigit ular kobra
Pertolongan pertama saat digigit ular kobra

2. Jangan panik dan jangan bergerak

Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetap tenang dan diam setelah digigit ular dapat membantu memperlambat penyebaran racun di tubuh Anda. Jika Anda digigit ular berbisa, tidak bergerak bisa menyelamatkan hidup Anda.

Adalah mitos bahwa racun ular langsung masuk ke aliran darah Anda setelah digigit. Sebaliknya, ia bergerak melalui sistem limfatik Anda. Getah bening adalah cairan dalam tubuh Anda yang mengandung sel darah putih. Tidak seperti darah, yang dipompa ke seluruh tubuh Anda terus menerus, getah bening Anda bergerak ketika Anda menggerakkan anggota tubuh Anda. Jika Anda bisa tetap diam dan tenang, Anda dapat mencegah racun di getah bening Anda masuk lebih jauh ke dalam tubuh Anda.

Apa yang harus dilakukan

Jika Anda yakin ular itu telah pindah setelah menggigit Anda dan Anda tidak dalam bahaya digigit lagi, tetaplah di tempat Anda berada, daripada berjalan untuk mencari bantuan. Jika Anda bersama orang lain, mereka seharusnya tidak memindahkan Anda sama sekali, tetapi mulailah memberikan pertolongan pertama di tempat Anda berada.

Ambil napas panjang dan dalam untuk membantu menenangkan diri. Ingatlah bahwa kemungkinannya menguntungkan Anda: jarang orang meninggal setelah digigit ular, terutama jika mereka mengikuti langkah pertolongan pertama.


3. Biarkan ular itu sendiri

Jangan mencoba mengidentifikasi, menangkap, melukai, atau membunuh ular – Anda kemungkinan besar akan menjadi yang terbaik kedua. Di rumah sakit, staf memiliki akses ke berbagai tes yang dapat membantu mereka menentukan kemungkinan ular yang Anda telah digigit, memungkinkan mereka untuk memberikan perawatan yang paling tepat.

Pertolongan pertama Pada Gigitan ular kobra


4. Oleskan perban imobilisasi tekanan dan belat

Sebagian besar gigitan ular terjadi pada anggota badan, sehingga kaki, kaki, lengan, dan tangan paling sering terkena. Jika Anda telah digigit pada anggota badan, menerapkan perban imobilisasi tekanan dapat menghentikan racun yang bergerak melalui sistem limfatik Anda.

Apa yang harus dilakukan

Jika Anda memiliki pembalut atau bahkan sepotong plastik seperti cling wrap, letakkan di atas tempat gigitan untuk menyerap atau melindungi racun untuk pengujian nanti.

Terapkan perban imobilisasi tekanan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  •     gunakan perban rol elastis dengan lebar 10-15cm
  •     gulung perban di atas tempat gigitan
  •     oleskan perban rol elastis kedua, mulai tepat di atas jari tangan atau kaki dan bergerak ke atas pada anggota tubuh yang digigit sejauh perban dapat dijangkau
  •     oleskan perban sekencang mungkin ke anggota badan
  •     jika Anda tidak memiliki perban, bahan yang melar bisa digunakan (kaus robek, stoking, atau kain lain dapat digunakan sebagai perban)

Setelah perban terpasang, tandai tempat gigitan pada perban dengan pena atau bahan lain yang akan meninggalkan bekas – jika Anda tidak memiliki apa-apa lagi, mengoleskan sedikit lumpur atau kotoran pada perban akan berhasil.

Kemudian, belat anggota badan agar tetap diam. Benda lurus apa pun bisa digunakan – tongkat, koran yang digulung, atau bahkan pakaian atau terpal yang digulung dengan kuat, semuanya bisa digunakan. Pasang belat pada tempatnya dengan mengamankannya ke tungkai dengan perban atau bahan lain.


5. Jangan mencuci, menghisap, memotong atau mengikat gigitan

Ada banyak metode lama untuk mengobati gigitan ular yang sekarang diketahui lebih berbahaya daripada baik.

Mencuci tempat gigitan ular dapat menghilangkan racun yang mungkin dapat digunakan oleh staf rumah sakit untuk mengidentifikasi jenis ular yang menggigit Anda. Anda juga harus menjaga pakaian dari sekitar lokasi gigitan, karena gerakan tambahan dapat menyebabkan racun lebih mudah berpindah ke aliran darah.

Jangan menghisap atau memotong area gigitan. Jangan memasang torniket pada anggota badan – ini bisa berbahaya.


Cara menghilangkan bisa ular Kobra

digigit ular kobra
Pertolongan pertama saat digigit ular kobra


Tutupi gigitan dengan perban yang bersih dan kering. Coba gunakan perban imobilisasi tekanan jika Anda bisa. Perban jenis ini harus dililitkan dengan rapat di sekitar gigitan. Kemudian, bungkus perban lain di sekitar seluruh anggota badan, sehingga tidak bisa bergerak.

Penawar racun ular King Kobra




Stok lengkap antibisa untuk mengobati gigitan ular berbisa asing disimpan oleh dinas kesehatan setempat. Antivenom umumnya ditunjukkan dalam dua situasi:

     1. untuk keracunan sistemik yang berpotensi serius, sebagaimana dibuktikan oleh hipotensi, perubahan elektrokardiografi, neutrofilia, dan asidosis (setelah gigitan ular berbisa atau elapid); perdarahan abnormal atau darah yang tidak menggumpal setelah gigitan ular berbisa; dan ptosis atau kelumpuhan glossopharyngeal setelah gigitan elapid;

     2. untuk gigitan ular yang bisa menyebabkan nekrosis lokal, untuk mencegah atau meminimalkan komplikasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar Ikan Hiu Terlengkap Keren Banget

Black Mamba ular berbisa paling mematikan